diposkan pada : 13-12-2023 01:16:43

Apa Perbedaan Granit dan Keramik ?

Apa perbedaan granit dan keramik?

Ternyata masih banyak lho orang yang belum paham bahwa granit dan keramik itu BERBEDA. "Serupa tapi tak sama" itulah kenyataan yang ada pada granit dan keramik. 
Nah, di artikel ini akan kita bahas perbedaan granit dan keramik agar Anda PAHAM serta TIDAK SALAH PILIH sesuai kebutuhan lagi. Yuk, simak!
 

1. BAHAN BAKU

Granit dibuat dari batu alam yang bersifat intrusif, felsik, dan igneus. 
Bahan granit ditambang lalu dibentuk dengan proses penekanan serta pembakaran pada suhu yang sangat tinggi hingga terbentuk lembaran granit dengan permukaan yang lebih halus dan rata.

Keramik dibuat dari tanah lempung atau tanah silikat
Cara pembuatannya juga beda, yaitu dengan cara dibakar kemudian dilapisi bahan pengkilap atau glaze. Jika diamati secara sungguh-sungguh, permukaan keramik tidak akan terlalu rata sebab penyebaran cairan glaze yang tidak merata. 
 

2. PEMASANGAN

Granit memiliki daya serap air di bawah 0.5% yang membuatnya bisa langsung dipasang tanpa harus direndam di dalam air terlebih dahulu;

Keramik memiliki daya serap air di atas 0.5% sehingga sebelum pemasangan, keramik harus terlebih dahulu direndam di dalam air untuk menghindari keramik popping atau terangkat.
 

3Window Frame

Anda tidak akan menemukan window frame pada granit. Window frame adalah garis berwarna putih yang tidak tertutup warna di sekeliling pinggiran keramik. 
Tanda ini muncul akibat tahap pembuatan yang berbeda dengan granit.
 

4Harga

Perbedaan terakhir antara granit & keramik bisa dilihat dengan mudah dari HARGAnya. 

Umumnya, harga keramik berukuran 30×30 dengan kualitas standar dimulai dari harga 50 ribu Rupiah. 
Sedangkan granit ukuran 60×60 dibanderol harga mulai dari 200 ribu Rupiah.

 


KEMBALI KE AWAL >>